Selamat datang di Blog saya

Labels

Rabu, 25 April 2012

lagu

Tadi pagi saat gue memutar lagu barat, tiba-tiba teman gue nyeletuk “tumben sah nyetel lagu barat, biasanya Ebiet G Ade”. Dan satu saat lagi sepulang dari mesjid salah satu teman gue bilang “sah, gue heran sama lo, kenapa lo bisa suka sama lagu-lagu Ebiet?, di jaman yang seperti ini gitu, lo masih suka sama lagu-lagu begituan?”. Hemmm, gue diem.

Sebetulnya apa yang salah dari cara pandang gue?, lagu Ebiet bukan lagu yang mengandung arti kata buruk atau mengandung nada-nada yang merusak telinga atau mengandung unsur-unsur lain yang dapat mengundang bala bagi si pendengar, apa salah mengagumi satu karya yang memang menurut gue bagus. Well ini tahun 2012, tapi apa lagu-lagu dari penyanyi- penyanyi dulu seperti Ebiet, Chrisye, etc gak boleh di putar di jaman ini?. apa yang salah?
Beberapa minggu yang lalu digelar sebuah konser yang bertajuk ‘kidung abadi’, yapp bagi yang belum tau itu apa, konser tersebut merupakan sebuah acara memoriam mengenang alm. Chrisye dan semua karyanya, konser besar itu gak hanya dihadiri oleh orang-orang tua saja, bahkan Gita Gutawa pun turut serta dalam memeriahkan konser tersebut. Gita Gutawa penyanyi yang berumur 40 atau 50 tahun keatas, dia gadis remaja yang seharusnya menurut cara pandang kalian tidak akan menikmati konser lawas seperti ini, tapi???, dia gak hanya memeriahkan konser tersebut dia juga menciptakan satu lagu yang berjudul ‘kidung abadi’ untuk mengenang sosok Chrisye tersebut. Dan yang perlu kalian ketahui, penyanyi lagu kidung abadi tersebut adalah alm. Chrisye itu sendiri!, unbelieveble banget kan??, itu semua berkat kecanggihan teknologi masa kini.

back to topic, gue masih heran sama temen-temen gue tadi, dan manusia-manusia jaman ini, lagu 'kamseupay' yang jelas-jelas mengandung arti gak baik aja bisa mereka nikmati, sementara maksut dari lagu tersebut untuk merendahkan orang lain, yang seharusnya dimata tuhan itu semua manusia sama kedudukannya. yah, mereka belum bisa membaca makna dari lagu-lagu yang dibawakan Ebiet dan Chrisye, padahal lagu-lagu yang mereka bilang 'gak banget' itu adalah lagu-lagu yang bisa menjadi seorang guru untuk kita semua, guru untuk masa depan, guru untuk menata kehidupan yang lebih baik, dan lagu yang memiliki makna dalam. karena gak setiap orang dapat menafsirkan kata-kata dalam lagu lagu tersebut.

sekali lagi, bukan tentang enak atau tidak, lama atau baru dan bukan tentang siapa yang menyanyikan sebuah lagu. tapi ini tentang bagaimana ia bisa mendengar, belajar, dan berfikir bagaimana lagu tersebut dapat menjadi sebuah pelajaran dan teman perjalanan bagi kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar